Indonesia-Korsel Jajaki Kerja Sama Alutsista, Salah Satunya Pesawat Tempur

Kompas.com - 20/11/2019, 15:21 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko-Polhukam), Mahfud MD,  memberikan keterangan di Kantor Kemenko-Polhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019). Dian Erika/KOMPAS.comMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko-Polhukam), Mahfud MD, memberikan keterangan di Kantor Kemenko-Polhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Indonesia sedang menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan di bidang alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Hal itu diungkapkan Mahfud seusai bertemu Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang Beom, di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (20/11/2019).

"Duta Besar Korea Selatan, yang pertama soal courtesy call (kunjungan kehormatan) biasa. Karena saya baru. Yang kedua memang menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo yang akan berangkat ke Korea Selatan pada 23 November besok kan ada pertemuan internasional," ujar Mahfud.

"Kemudian (membahas) rencana kerja sama di bidang alutsista. Semacam pengadaan gitu ya," kata dia.

Baca juga: Negosiasi Pengembangan KFX/IFX, Wiranto Harap Tak Merusak Persahabatan dengan Korsel

Selain itu, Mahfud juga mengonfirmasi adanya pembahasan perihal proyek pesawat tempur hasil kerja sama Indonesia dan Korea Selatan yakni Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX).

"Antara lain itu," kata Mahfud.

Lebih lanjut dia menambahkan, soal penyidikan, persenjataan, perdagangan, dan sebagainya juga dibahas.

"(Intinya) soal macam-macam. Itu hanya sebagian kecil, bahkan juga ada soal tahanan Korea di sini. Ada orang ditahan, lalu atas permintaan interpol dari negara lain itu juga dibicarakan," tutur Mahfud.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X