4 Kader Jadi Kandidat Ketum PAN, Dinilai Angin Segar Demokrasi Parpol

Kompas.com - 15/11/2019, 12:47 WIB
Ilustrasi PAN ANTARA FOTO/Aprillio AkbarIlustrasi PAN
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional ( PAN) akan menggelar konser untuk memilih calon pemimpinnya tahun depan. Meski demikian, bursa kandidat calon ketua umum sudah mulai bermunculan.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan, sejauh ini sudah ada empat kandidat calon ketua umum.

Mereka adalah mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, dan putra tertua politikus senior Amien Rais, Hanafi Rais.

Kemudian, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan mantan Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap.

Munculnya kandidat ini dinilai menjadi angin segar di tengah iklim demokrasi partai politik yang sarat dengan aklamasi.

"Empat calon ini sudah bagus. Kalau mereka melakukan manuver, membentuk tim sukses, melakukan pendekatan ke DPW 1, DPW 2, itu bagus sekali. Ini iklim yang harus dijaga," kata CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, kepada Kompas.com, Jumat (15/11/2019).

Baca juga: Zulkifli Hasan: Kandidat Ketum PAN Mulai dari Mantan Menteri hingga Anak Amien Rais

PAN selama ini lekat dengan sosok Amien Rais. Ini sama halnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang lekat dengan figur Megawati Soekarnoputri, Partai Nasdem dengan Surya Paloh, dan Partai Demokrat dengan Susilo Bambang Yudhoyono.

Meskipun partai-partai tersebut menggelar kongres untuk yang mengagendakan pemilihan ketua umum, pada akhirnya tetap berujung pada aklamasi dengan memilih sosok yang sama.

Kondisi partai politik seperti itulah yang menuai kritik.

"Kan selama ini muncul calon tunggal, aklamasi. Ini yang kemudian menghilangkan kebiasaan demokrasi. Ini yang harus dikikis betul," ucap Pangi.

Kongres PAN sendiri rencananya akan dilangsungkan pada Maret 2020. Namun, kepastian tanggal pelaksanaan akan diputuskan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakan pada 6 Desember mendatang.

Meski sudah ada empat kandidat, Zulkifli menyatakan, siap maju kembali bila memang diminta dan dicalonkan oleh dewan pimpinan wilayah.

Baca juga: Zulkifli Hasan: Kandidat Ketum PAN Mulai dari Mantan Menteri hingga Anak Amien Rais

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X