4 Hal yang Perlu Diketahui Soal KTT ke-35 ASEAN Hari Pertama

Kompas.com - 03/11/2019, 10:12 WIB
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan bertolak ke Thailand untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-35 ASEAN, Sabtu (2/11/2019).

KTT kali ini mengusung tema "Advancing Partnership for Sustainability". Tujuannya, untuk memastikan kemitraan negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan kemajuan di kawasan.

Ada sejumlah hal yang dilakukan Presiden dalam konferensi tersebut. Baik yang berkaitan secara langsung, maupun tidak langsung. Apa saja?

Bahas infrastruktur

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) mengikuti sesi pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, di KTT tersebut Presiden akan menekankan empat bidang kerja sama guna meningkatkan ekspor dan investasi yang masuk ke Indonesia.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Presiden Joko Widodo (kedua kanan) mengikuti sesi pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, di KTT tersebut Presiden akan menekankan empat bidang kerja sama guna meningkatkan ekspor dan investasi yang masuk ke Indonesia.

Salah satu isu penting yang akan disampaikan dalam pertemuan yakni terkait pentingnya pembangunan infrastruktur dengan konsep Indo-Pasifik.

Presiden akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk mewujudkan hal itu guna memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara-negara anggota ASEAN.

"Kita harapkan dengan konektivitas yang baik, daya saing dari produk-produk yang diproduksi negara-negara ASEAN menjadi lebih kompetitif," kata Presiden di Istana Merdeka, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: Di KTT ke-35 ASEAN, RI Akan Perluas Kerja Sama Maritim hingga Perdagangan

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa selain membawa isu utama tentang kerja sama pembangunan infrastruktur, isu lainnya yang akan disampaikan Presiden adalah upaya mempertebal strategic trust atau rasa saling percaya di antara anggota ASEAN.

Pertemuan bilateral

Ada sejumlah KTT terkait dan pertemuan bilateral yang akan dihadiri Presiden, selama mengikuti rangkaian KTT ke-35 ASEAN di Thailand.

Adapun pertemuan bilateral yang dilakukan, tak hanya akan membahas soal KTT ASEAN semata tetapi juga beberapa hal lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.