Ganjar Pranowo: Kebakaran di Gunung Merbabu Berkurang

Kompas.com - 20/09/2019, 18:06 WIB
Kobaran api membakar hutan di kawasan puncak Gunung Merbabu terlihat dari Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (12/9/2019). Kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu yeng terpantau pertama kali pada Rabu (11/9) di Kabupaten Magelang, meluas hingga hutan kawasan Kabupaten Boyolali. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAKobaran api membakar hutan di kawasan puncak Gunung Merbabu terlihat dari Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (12/9/2019). Kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu yeng terpantau pertama kali pada Rabu (11/9) di Kabupaten Magelang, meluas hingga hutan kawasan Kabupaten Boyolali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan, saat ini kebakaran di Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah sudah berkurang.

Namun, kata dia, hal tersebut berbalik dengan di Gunung Slamet, yang masih ditemukan titik api.

"Hari ini lagi jalan, saya koordinasi terus. Merbabu sudah agak turun, malah hari ini agak tinggi di Slamet," ujar Ganjar di Gedung Lemhanas, Jumat (20/9/2019).

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Merbabu Masih Terjadi di Wilayah Boyolali

Ganjar mengatakan, dirinya mendapatkan telepon dari Bupati Boyolali bahwa pada Jumat (20/9/2019) ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkumpul di Kabupaten dan meminta bantuan logistik kepada Provinsi.

"Malam ini kami drop (bantuan logistik). Maka memang itu harus dengan kelompok, kekuatan masyarakat yang Merbabu bagus. Kemarin di Banyumas kami minta Forkopimda Banyumas, Purbalingga, Tegal harus bersatu," kata dia.

Baca juga: Tim Gabungan Dikerahkan Atasi Kebakaran di Hutan Lereng Barat Gunung Slamet

Diketahui, kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu terbakar sejak Rabu pekan lalu.

Api membakar beberapa kawasan Merbabu seperti kawasan Desa Ngagrong, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kebakaran di Gunung Merbabu telah menghanguskan sekitar 436 hektare lahan hutan.

Kebakaran itu juga menghanguskan sebagian ekosistem tanaman bunga edelweis dan sabana.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X