Kesan Luhut Binsar Panjaitan Diminta Jadi Dubes oleh BJ Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 17:17 WIB
Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariLuhut Binsar Panjaitan saat menghadiri pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memiliki kesan tersendiri terhadap almarhum Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Pasalnya, Luhut pernah diminta dan dilantik langsung oleh BJ Habibie untuk menjadi Duta Besar Singapura pada tahun 1999-2000.

"Waktu saya jadi dubes, beliau yang lantik, beliau minta. Itu satu momen sangat berkesan dalam hidup karena saya dipanggil sendiri oleh beliau untuk jadi Dubes RI, 'Pak Luhut ini tugas negara. Pak Luhut jadi dubes," ujar Luhut menirukan ucapan Habibie kala itu.

Luhut mengatakan, saat itu dirinya menyampaikan kepada BJ Habibie bahwa dia akan pensiun dari tentara.


Baca juga: Luhut: Habibie adalah Seorang Demokrat Sejati

Namun, Habibie menolak dan malah meminta Luhut untuk memperbaiki hubungan Indonesia dengan negara lainnya.

"Beliau bilang tidak bisa, 'Pak Luhut harus memperbaiki hubungan dengan negara-negara lain'. Itu momen yang tak terlupakan," ujar Luhut.

BJ Habibie sendiri wafat pada usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019 lalu.

Pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB, BJ Habibie menghembuskan napas terakhir setelah seluruh keluarganya dipanggil dan mendampinginya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X