Kompas.com - 12/09/2019, 15:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Putra sulung presiden ketiga RI Ilham Habibie mengucapkan salam perpisahan kepada sang ayahanda saat memberikan sambutan dari pihak keluarga.

"Bapak ingin semangat ini diterapkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa umat di dunia. Sampai jumpa di akhirat Bapak tercinta. Selamat jalan dan kita cintai Papa, Eyang semuanya," ujar Ilham saat memberi sambutan.

"Mudah-mudahan insya Allah khusnul khotimah. Sampai jumpa, Pak," lanjut dia.

Baca juga: Ilham: 9 Tahun, Pak Habibie Tahlilan Tiap Hari, Sekarang Mereka Bersama Selamanya

Sebelumnya Ilham mengatakan bahwa ayahnya memiliki sikap yang terbuka dengan merangkul semua pihak.

"Bapak mencoba me-manage yang kurang baik yang ada pada kita. Ini bukan hanya sebatas Indonesia tapi dunia," kata dia.

Dia mengatakan, sang ayahanda memiliki wasiat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain, seperti Jerman, Inggris, Amerika, dan Jepang.

Baca juga: Lepas Habibie ke Liang Lahat, Jokowi: Selamat Jalan, Mister Crack

"Marilah kita belajar dari Bapak, dari semangatnya. Tidak kenal lelah. Biarpun mau wafat, Bapak panggil keluarga untuk minta kita bagaimanapun dalam situasi apa pun bersatu. Persatuan ini bisa diterapkan kita di Indonesia," ujar dia.

Adapun prosesi pemakaman BJ Habibie dilakukan secara militer dengan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jenazah BJ Habibie dikebumikan oleh kedua putranya, Ilham dan Thareq Habibie.

Dia dimakamkan di samping makam sang istri, Hasri Ainun Habibie.

Sebelumnya, BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.03 WIB.

Kompas TV Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengatakan hubungannya dengan Presiden ke-3 RI, BJ Habibie semakin dekat sejak wafatnya Ani Yudhoyono pada 1 Juni 2019. "Terus terang ketika Ibu Ani berpulang, hubungan keluarga kami semakin dekat. Saya sebagai sahabat beliau, adik beliau, ikut mendoakan semoga Pak Habibie hidup tenang di sisi Allah SWT," ujar SBY SBY mengatakan telah bersahabat karib dengan Habibie sejak Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden RI pada 1998. Hal itu diungkapkan SBY seusai melayat ke rumah duka Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No 5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). #bjhabibiemeninggal #bjhabibie #sby
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.