Lepas Habibie ke Liang Lahat, Jokowi: Selamat Jalan, Mister Crack

Kompas.com - 12/09/2019, 15:06 WIB
Presiden Joko Widodo meletakkan karangan bunga untuk almarhum Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/9/2019). KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMPresiden Joko Widodo meletakkan karangan bunga untuk almarhum Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/9/2019).
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo melepas jenazah presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie ke tempat peristirahatan terakhir.

Selaku inspektur upacara di pemakaman, Jokowi mengucapkan selamat jalan kepada almarhum.

"Selamat jalan, Mister Crack. Selamat jalan, sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu," kata Jokowi saat memberi sambutan di acara pemakaman di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Obituari BJ Habibie: Selamat Jalan Mr Crack dari Parepare


Jokowi pun lalu mengutip salah satu pesan inspiratif dari Habibie.

"Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia," kata Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghromatan yang tinggi atas darma bakti almarhum. Ia juga mengajak untuk mendoakan almarhum BJ Habibie.

"Semoga almarhum diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah dan husnul khatimah," kata Jokowi.

Baca juga: Ilham: 9 Tahun, Pak Habibie Tahlilan Tiap Hari, Sekarang Mereka Bersama Selamanya

Selanjutnya, kepada keluarga, Jokowi berharap semoga Tuhan memberikan ketabahan dan menerima kepergian almarhum Habibie dengan ikhlas dan tawakal.

"Marilah kita lepas Bapak BJ Habibie menghadap Allah dengan tenang. Semoga Allah berkenan menerima ibadah beliau," tutur Jokowi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X