Sri Mulyani: Perjalanan Hidup Habibie Inspirasi bagi Semua

Kompas.com - 12/09/2019, 04:46 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melayat di rumah duka Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie di kawasan Patra Kuningan, Rabu (11/9/2019) malam. KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melayat di rumah duka Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie di kawasan Patra Kuningan, Rabu (11/9/2019) malam.
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa mendiang Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai sosok yang menjadi inspirasi.

Sri Mulyani mengatakan, Habibie juga merupakan simbol optimisme bagi masa depan Indonesia.

"Contoh dan sekaligus teladan dan juga menjadi alasan bagi kita untuk optimis bahwa Indonesia dengan banyak sekali anak bangsa seperti beliau pasti akan bisa maju ke depan," kata Sri Mulyani usai melayat, Rabu (11/9/2019) malam.

Sri Mulyani mengatakan, Habibie adalah sosok yang peduli dan mencintai Indonesia.


Baca juga: Melayat ke Rumah Duka, Prabowo Sampaikan Belasungkawa ke Keluarga Habibie

Buktinya, kata Sri Mulyani, adalah keputusan Habinie untuk pulang ke Indonesia dan membangun industri di Tanah Air meski punya karir yang bagus di luar negeri.

Di samping itu, Sri Mulyani juga menganggap Habibie sebagai sosok yang berjasa bagi demokrasi di Indonesia usai peralihan dari Orde Baru ke era Reformasi.

"Beliaulah yang meletakkan banyak sekali pada masa-masa yang sangat singkat namun sangat menentukan arah republik ini dengan berbagai legislasi yang menjadi findasi kita dalam bernegara sampai hari ini," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Obituari BJ Habibie: Selamat Jalan Mr Crack dari Parepare

Sebelumnya, putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Menurut rencana, jenazah Habibie akan dikebumikan di samping makam istrinya, Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/8/2019) besok siang.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X