Menlu: Perwakilan RI di Luar Negeri Akan Pasang Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 12/09/2019, 03:03 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melayat almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharudin Jusuf Habibie di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (11/9/2019).  BJ Habibie meninggal akibat penyakit yang dideritanya. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melayat almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharudin Jusuf Habibie di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (11/9/2019). BJ Habibie meninggal akibat penyakit yang dideritanya.
Penulis Devina Halim
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa perwakilan Indonesia di negara lain akan turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Pengibaran bendera setengah tiang dilakukan dalam rangka memperingati wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

"Untuk perwakilan kita di luar negeri kita akan mengibarkan bendera setengah tiang," kata Retno saat melayat ke rumah duka Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Selain itu, perwakilan Indonesia di luar negeri juga akan menyediakan buku duka cita untuk tiga hari kerja.


"Kami akan membuka buku duka cita, buku condolences, untuk tiga hari kerja. Semua perwakilan Republik Indonesia di luar," kata dia.

Baca juga: Melayat ke Rumah Duka, Prabowo Sampaikan Belasungkawa ke Keluarga Habibie

Dalam pandangan Retno, Habibie adalah seorang negarawan, bapak bangsa, yang cerdas.

Menurut dia, berbincang dengan Habibie akan meningkatkan semangat seseorang.

"Kalau bicara dengan beliau semangat kita jadi naik karena gaya bicara beliau sangat khas dan beliau jadi inspirasi bagi kita semua, termasuk anak muda Indonesia," kata Retno.

Pemerintah telah menetapkan waktu berkabung nasional selama tiga hari hingga 14 September mendatang.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau pimpinan lembaga pemerintah untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama masa berkabung nasional.

Sebelumnya, Putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X