6 Kejadian Unik Saat Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Kompas.com - 16/08/2019, 19:54 WIB
Suasana upacara bendera peringatan HUT ke 72 RI di tengah kondisi banjir di halaman Kantor Camat Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (17/8/2017) Akun Facebook Fransiskus YusupSuasana upacara bendera peringatan HUT ke 72 RI di tengah kondisi banjir di halaman Kantor Camat Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (17/8/2017)

KOMPAS.com — Salah satu agenda, yang hampir wajib, memperingati HUT Kemerdekaan RI adalah upacara bendera. Minimal, upacara bendera ini dilakukan di kantor pemerintahan atau sekolah-sekolah.

Namun, di balik segala kekhidmatan yang ada pada upacara bendera dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, terdapat kejadian unik yang terjadi di sejumlah daerah.

Kompas.com merangkum beberapa kejadian unik yang terjadi di sejumlah tempat di Indonesia saat upacara bendera 17 Agustus.

Baca juga: 106 Penyelam Gelar Upacara HUT RI di Perairan Perbatasan Papua Nugini

1.  “Nyeker” saat datang ke upacara bendera

Saija (48), seorang suku Baduy menghadiri upacara HUT RI di Istana tanpa alas kaki, Jumat (17/8/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Saija (48), seorang suku Baduy menghadiri upacara HUT RI di Istana tanpa alas kaki, Jumat (17/8/2018).

Dilaporkan Kompas.com, Jumat (17/8/2018), seorang lelaki berumur 48 tahun bernama Saija tidak mengenakan alas kaki alias nyeker saat menghadiri upacara hari ulang tahun kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Istana Merdeka.

Ia datang dengan nyeker saat ke Istana bukan karena tak punya sandal ataupun sepatu, melainkan ketika itu dia datang ke istana dengan menggunakan baju adat Baduy.

"Kalau Baduy memang tidak boleh pakai alas kaki," ujar Saija.

Menurut Saija, pemakaian kostum tanpa alas kaki ini sudah ia konsultasikan dahulu dengan pihak istana. Pihak Istana pun tidak keberatan karena tak digunakannya alas kaki merupakan adat istiadat suku Baduy.

Baca selengkapnya: Bapak Ini Nyeker Hadiri Upacara Kemerdekaan di Istana

2. Upacara di tengah banjir

Dilaporkan Kompas.com, Kamis (17/8/2017), meski tengah terjadi banjir, peringatan HUT ke-72 RI di Kecamatan Buka, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Barat, tetap berlangsung.

Banjir tersebut menggenangi halaman Kantor Camat Bika. Meski demikian, upacara yang diikuti oleh pelajar, instansi pemerintah desa, dan penduduk setempat itu tetap berlangsung khidmat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X