Mendikbud: Kakak Iriana Jokowi Juga Kena Rotasi Guru

Kompas.com - 14/08/2019, 13:17 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat menjadi pembicara dalam acara Tablig Akbar dan Silaturrahmi warga Muhammadiyah di Lapangan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (28/7/2019). MOH. SYAFIÍMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat menjadi pembicara dalam acara Tablig Akbar dan Silaturrahmi warga Muhammadiyah di Lapangan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (28/7/2019).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah memberlakukan uji coba  rotasi guru sesuai zonasi, salah satunya di Solo, Jawa Tengah. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut, kakak Ibu Negara Iriana Jokowi juga ikut dirotasi dari sekolah tempat ia mengajar. 

"Solo sudah melakukan rotasi. Bahkan, kakaknya Ibu Negara juga kena rotasi. Ha-ha-ha," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Dukung Rencana Rotasi Guru, Ini Alasannya


Muhadjir menyebut, kakak Iriana berprofesi sebagai guru di salah satu SMP di Solo. Ia dirotasi berdasarkan zonasi ke sekolah lain yang masih satu area dengan tempat mengajar sebelumnya.

Dia menegaskan, Kemendikbud tidak tebang pilih terkait rotasi guru.

"Artinya ini tidak tebang pilih. Pokoknya kebijakan ini tidak ada hak-hak istimewa, siapa pun harus mengikuti aturan," kata dia.

Muhadjir menyampaikan, guru yang terkena rotasi biasanya karena telah memenuhi kriteria dari masa kerja dan masa mengabdi di satu tempat.

Pemerintah memberlakukan sistem redistribusi agar guru-guru tidak terlalu lama bertugas di satu tempat.

Baca juga: Mendikbud: Sistem Zonasi dan Rotasi Guru untuk Pemerataan Kualitas Pendidikan

Selain itu, tujuan rotasi demi pemerataan pendidikan dan menyukseskan kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis zonasi.

Selain Solo, pemerintah daerah mulai uji coba rotasi guru di Malang dan Surabaya. Pemerintah pusat masih merancang kebijakan baku untuk penerapan rotasi yang bakal dimulai tahun depan.

"Yang pasti insya Allah mudah-mudahan tahun depan sudah ada peraturan yang baku," kata Muhadjir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X