Jokowi dan Para Menteri Galang Donasi untuk Korban Gempa Banten

Kompas.com - 04/08/2019, 09:43 WIB
Warga memungut tiang kayu rumahnya yang rusak akibat diguncang gempa di Kampung Karoya, Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019). Menurut data BPBD Banten satu orang meninggal dan sebanyak 112 rumah rusak berat dan ringan dengan rincian di Lebak sebanyak 12 rumah, di Pandeglang 91 rumah, dan di Serang 9 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 7,4 SR yang terjadi Jumat (2/8) malam. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/ama. ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMANWarga memungut tiang kayu rumahnya yang rusak akibat diguncang gempa di Kampung Karoya, Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019). Menurut data BPBD Banten satu orang meninggal dan sebanyak 112 rumah rusak berat dan ringan dengan rincian di Lebak sebanyak 12 rumah, di Pandeglang 91 rumah, dan di Serang 9 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 7,4 SR yang terjadi Jumat (2/8) malam. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/ama.
|
Editor Bayu Galih

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo beserta seluruh anggota kabinetnya di Kabinet Kerja menggalang donasi untuk membantu para korban gempa Banten.

Gempa berkekuatan 6,9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) itu juga mengguncang sejumlah wilayah, dari Jakarta hingga Malang di Jawa Timur.

Penggalangan donasi disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat mengawali acara family gathering Presiden dan anggota Kabinet Kerja yang berlangsung di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Baca juga: Jokowi Gelar Family Gathering, Para Menteri Nikmati Istana Bogor bersama Keluarga

"Beberapa lalu ada bencana gempa dan ini bentuk solidaritas sahdara kita yang terkena gempa," kata Pratikno saat mengawali acara family gathering.

"Panitia memberikan kesempatan kepada Bapak, Ibu, untuk berdonasi dari panitia sebagai bentuk solidaritas kita kepada saudara kita yang terkena musibah gempa," ujar Pratikno.

Family Gathering Kabinet Kerja bersama Presiden Joko Widodo di Istana BogorKOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM Family Gathering Kabinet Kerja bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor
Pratikno menambahkan, acara family gathering ini telah dirancang sejak lama dengan tema persatuan nasional. Karena itu, Presiden dan seluruh anggota sekaligus memanfaatkan acara ini untuk menggalang donasi.

"Acara dirancang sejak lama bukan hanya untuk Kabinet Kerja, tetapi seluruh rakyat Indonesia," ujar Pratikno.

"Untuk itu saya mengajak Bapak, Ibu, sekalian untuk berdoa semoga. Saudara kita yang terkena musibah tidak mengalami penderitaan dan kita membantu mereka dengan secepat-cepatnya," tuturnya.

Baca juga: [HOAKS] Gempa Magnitudo 9 Pasca-gempa Banten

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X