[HOAKS] Gempa Magnitudo 9 Pasca-gempa Banten

Kompas.com - 04/08/2019, 07:56 WIB
Tangkapan layar hoaks yang menyebutkan akan ada gempa dengan magnitudo 9, Sabtu (3/2/2019)WhatsApp Tangkapan layar hoaks yang menyebutkan akan ada gempa dengan magnitudo 9, Sabtu (3/2/2019)
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.


JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa bumi yang mengguncang Sumur, Banten pada Jumat (2/8/2019) masih menyisakan beragam kabar.

Setelah kejadian, masyarakat menerima pesan berantai yang beredar di aplikasi perpesanan, WhatsApp.

Pesan tersebut menyebutkan, bahwa gempa dengan magnitudo 9 akan terjadi.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, informasi yang berkembang tersebut tidak benar.


Narasi yang beredar:

Jarak antar gempa (yang) semakin pendek dan tiba-tiba aktifnya gunung Tangkuban Perahu, bisa jadi merupakan indikasi akumulasi energi patahan Sunda ( Sunda megathrust) hampir mencapai titik kritis.

Jika atas seizin Allah SWT tercapai titik tersebut, gempa yang selama ini dikhawatirkan dengan besar, 9 skala Richter, berpeluang terjadi.

Bagi Jabodetabek, yang dikhawatirkan adalah aktifnya patahan tersebut memicu pula aktivitas patahan Baribas yang memanjang dari Pasar Rebo hingga Ciputat, serta patahan Lembang di Bandung. Wallahu'alam. Persiapan diri harus dilakukan mulai sekarang.

Penelusuran Kompas.com:

Menanggapi piesan berantai tersebut, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, mengungkpakan, isu yang berkembang tersebut tidak benar. Ia menyebutkan, peristwa gempa bumi saat ini belum bis diprediksi oleh siapapun.

"Peristiwa gempa bumi hingga saat ini belum dapat diprediksi oleh siapa pun, kapan, di mana, dan berapa kekuatannya," ucap Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabru (3/8/2019).

Dia melanjutkan, gempa bumi terjadi akibat deformasi batuan secara tiba-tiba pada sumber gempa yang sebelumnya telah mengalami akumulasi medan tegangan (stress) di sekitar zonanya.

Adapun pengaruh penjalaran stres yang selanjutnya terjadi, secara kuantitatif masih sulit diketahui.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X