Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Konglomerat Indonesia Bangun Hotel di 10 Destinasi Wisata Baru, Khususnya Mandalika

Kompas.com - 25/06/2019, 19:44 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta pengusaha besar Indonesia membangun hotel di destinasi wisata baru di Indonesia, yakni Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Permintaan itu diungkapkan secara lugas saat bertemu konglomerat dalam negeri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

"Ya Presiden meminta supaya pengusaha (dalam negeri) bisa membuka hotel di sepuluh lokasi (wisata) baru di Indonesia. Khususnya di NTB ya. Karena di sana sudah disiapkan infrastrukturnya," ujar pemilik Mayapada Group Dato Sri Tahir, seusai pertemuan.

Baca juga: Gelar MotoGP di Mandalika, Wagub NTB Rayu Pengusaha Prancis Investasi di Lombok

"Apalagi kan bandaranya (NTB) sudah diperbesar. Presiden meminta supaya partisipasi dari pengusaha hotel untuk segera membuka hotelnya, supaya ramai di sana," lanjut dia.

Tahir melanjutkan, para pengusaha cukup antusias dengan permintaan langsung dari Presiden itu.

Ia tidak dapat memastikan siapa saja pengusaha yang akan memenuhi permintaan itu. Namun minimal, ia sendiri yang berencana memenuhinya.

"Saya harus ya. Sudah amanat Presiden, harus dijalani. Kan sekarang kita sudah ada di Bali, Surabaya, Batam. Sekarang, sesuai Presiden, Insya Allah ada (di 10 tempat wisata baru)," ujar Tahir.

Baca juga: Digelar 2021, MotoGP Mandalika Dipromosikan di Paris

Menurut Tahir, membangun hotel di Mandalika cukup menjanjikan. Jangan hanya lantaran direncanakan digelar Moto GP di sana. Namun, harus dilihat potensi wisatanya yang menjanjikan.

"Saya pikir bukan Moto GP-nya yang menarik ya. Tapi tourism-nya yang menarik. Moto GP kan setahun sekali, lalu sisanya? Kalau kita bangun hotel, kita create market di sana," ujar Tahir.

Diketahui, sejumlah pengusaha yang hadir dalam pertemuan itu, antara lain bos MNC Group Harry Tanoesoedibjo, pemilik Rajawali Corpora Peter Sondakh dan CEO Utama CT Corp Chairul Tanjung.

Kompas TV Menyongsong pelaksanaan MotoGP 2021 kawasan Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat terus berbenah salah satu persiapan yang dilakukan adalah membenahi ruas jalan yang akan menjadi bagian sirkuit. Adanya sirkuit ini membuat Indonesia akan menjadi salah satu negara penyelenggara balap MotoGP pada 2021.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com