Polisi Targetkan Pelimpahan Berkas Kasus Makar dan Kerusuhan 21-22 Mei Akhir Juni 2019

Kompas.com - 20/06/2019, 19:07 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian sedang fokus untuk menyelesaikan berkas perkara kasus dugaan tindak pidana makar dan kerusuhan 21-22 Mei 2019 di Jakarta.

Target polisi untuk melimpahkan berkas perkara tersebut ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) paling lambat akhir Juni 2019.

"Fokusnya penyelesaian berkas perkara dan segera mungkin pelimpahan berkas perkara kepada JPU. Itu targetnya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: Kejagung Tunjuk Lima Jaksa Tangani Kasus Dugaan Makar Sofyan Jacob


Terkait perkara yang akan diselesaikan yaitu kasus dugaan makar yang ditangani oleh Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

Sebagai informasi, polisi telah menetapkan beberapa orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana makar, seperti Mayjen (Purn) Kivlan Zen, Eggi Sudjana, dan Lieus Sungkharisma.

Sementara itu, terkait kasus kerusuhan, Dedi mengatakan bahwa penyidik juga telah memilah-milah berkas perkara para tersangka.

Baca juga: Rekam Jejak Sofyan Jacob, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Terjerat Kasus Makar

Polisi telah menetapkan sebanyak 447 orang sebagai tersangka perusuh di beberapa titik di Jakarta pada 21-22 Mei 2019.

"447 itu berkas perkaranya sudah dipilah-pilah sesuai dengan TKP, sesuai dengan kelompok, sesuai dengan perbuatan melawan hukum, itu segera dilimpahkan ke JPU," ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X