Sandiaga Harap IT KPU Lebih Optimal

Kompas.com - 02/05/2019, 13:09 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di Kantor Kelurahan Kayu Manis, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019) KOMPAS.com/Ryana AryaditaCalon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di Kantor Kelurahan Kayu Manis, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, meminta sistem teknologi informasi (TI) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibangun lebih baik lagi.

Sebab, kata dia, Badan Pemenangan Nasional (BPN) kesulitan dalam menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke TI KPU.

"Kita akan memberikan laporan dana kampanye secara manual karena sistem IT yang dibangun KPU tidak bisa diakses kemarin. Ini yang kita khawatirkan, semoga lebih baik, terutama dalam pengawalan C1," ujar Sandiaga saat ditemui di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Kamis (2/5/2019).

Baca juga: BPN Prabowo-Sandi: Kalau Ada Tim Kami yang Salah, Monggo Dilaporkan

Sandiaga mengatakan, sulitnya BPN dalam melaporkan dana kampanye dikhawatirkan juga akan dialami timnya dalam pengawasan C1 pada sistem KPU.

BPN dan relawan, lanjutnya, mengalami kesulitan dalam mengawal C1. Ia menyarankan sistem di KPU untuk dioptimalkan agar tahapan pengawalan C1 dipercaya oleh masyarakat.

"Ya ada beberapa kendala di sana-sini. Pengumuman masih sampai tanggal 22 Mei, ayo kita kawal terus. Tapi, kelihatannya kalau sistem IT laporan keuanganya saja sulit, saya juga khawatir," tutur Sandiaga.

Baca juga: TKN Terima 14.843 Laporan Dugaan Kecurangan yang Untungkan Kubu Prabowo

"Kita harap sistem IT KPU betul-betul optimal agar lebih bisa dipercaya oleh masyarakat karena untuk keuangan (laporan dana kampanye) saja kita mengalami beberapa kendala," sambungnya.

Penyerahan LPPDK dilakukan paling lambat Kamis (2/5/2018). LPPDK yang diserahkan kemudian akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk oleh KPU.

Selanjutnya, KPU akan mengumumkan hasil audit jika seluruh prosesnya sudah selesai.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X