Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekaman E-KTP 98 Persen, Kemendagri Harap Tingkat Partisipasi Pemilu Lebihi Target

Kompas.com - 11/04/2019, 15:08 WIB
Jessi Carina,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 bisa melebihi target yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Alasannya, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil telah melakukan perekaman e-KTP lebih dari 98 persen.

"Kami ingin lebih karena tingkat perekaman e-KTP juga sudah 98 persen lebih. Mudah-mudahan yang 98 persen itu juga tercermin dalam partisipasi menggunakan hak pilih nanti," ujar Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Kamis (11/4/2019).

Baca juga: E-KTP Hilang atau Belum Tercetak Tetap Bisa Nyoblos

Adapun, KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilu mencapai 77,5 persen. Tjahjo mengatakan, masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) bisa menggunakan hak suaranya dengan e-KTP atau surat keterangan (suket).

Menurut Tjahjo, kini tinggal kesadaran masyarakat yang harus ditumbuhkan untuk mau menggunakan hak suaranya. Dia berharap masyarakat menyempatkan diri datang ke TPS pada 17 April 2019.

Baca juga: Jelang Pemilu, Pengurusan E-KTP di Jakarta Dibuka hingga Sabtu-Minggu

"Dari data kami realistis (melebihi target), tinggal bagaimana masyarakat tergerak hatinya bahwa mereka punya hak konstitutisonal. Dia mau hadir di TPS, meluangkan waktu hadir, sudah cukup. Habis itu mau piknik, mau keluar daerah silakan," ujar Tjahjo.

Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019. Beberapa hari lagi, masa kampanye Pemilu 2019 juga akan segera berakhir. Setelah itu kegiatan kampanye tidak diperbolehkan selama masa tenang.

Kompas TV Prabowo-Sandi akan fokus untuk menyelesaikan permasalahan rakyat, bagaimana kita menghadirkan solusi agar bangsa ini menyelesaikan apa yang diungkapkan harapan rakyat untuk hadirkan Indonesia yang menang dan Indonesia adil makmur. Untuk semua layanan pemerintah kita tidak ingin merepotkan dan membebani negara dengan menerbitkan kartu-kartu yang lain. Keluarkan 1 kartu yang sudah kita semua miliki yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP). #DebatCawapres2019 #SandiagaUno #PenutupDebat #Dompet #KTP

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com