Menhan Minta Para Ulama Berpegang Teguh Pada Pancasila

Kompas.com - 10/04/2019, 20:30 WIB
Menhan Ryamizard Ryacudu bersama ulama di Pendopo Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019). Dok KemenhanMenhan Ryamizard Ryacudu bersama ulama di Pendopo Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019).
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa para ulama thoriqoh punya peran penting dalam membela dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Berangkat dari situ, para ulama pun berperan menyejukkan negeri dan menjaga keutuhan NKRI serta berpegangan pada ideologi Pancasila," ujar Menhan Ryamizard dalam keterangan tertulis Konferensi Ulama Sufi Internasional di Pendopo Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019).

Berpegang pada Pancasila, lanjut Menhan, meskipun bukan agama, Pancasila adalah ideologi yang menjadi pemersatu agama. Menurut dia, hal itu adalah cerminan Indonesia sebagai negara berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa atau sesuai bunyi sila pertama Pancasila.

"Untuk itu, sebagai umat beragama harus saling menghormati antarpemeluk agama. Terlebih mereka yang sesama agama. Makanya, janganlah mengadili orang masuk neraka, karena manusia bukan tuhan," jelasnya.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X