Wapres Kalla Ingatkan Perbankan Kini Bersaing dengan Fintech

Kompas.com - 27/02/2019, 13:47 WIB
Wapres Jusuf Kalla menghadiri penutupan Tanwir Muha..adiyah di Bengkulu, Minggu (17/2/2019)KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Wapres Jusuf Kalla menghadiri penutupan Tanwir Muha..adiyah di Bengkulu, Minggu (17/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan perbankan agar selalu memperbaharui sistem kerjanya di era revolusi industri keempat.

Sebab, kata Kalla, saat ini perbankan sudah memiliki saingan, yakni financial technology (Fintech).

"Bank itu punya saingan-saingan yang dulu tak terpikirkan. Fintech. Orang ambil kredit dan bayar langsung saja. Peer to peer, semuanya merupakan perubahan akibat IT (information technology). Itu kita alami," kata Kalla dalam acara Seminar Nasional di Perbanas Institute, Kuningan, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Karena itu, ia mengatakan, penting bagi bank untuk memikirkan ulang industri perbankan agar semakin efisien sehingga bisa bersaing dengan fintech.


Dengan demikian, lanjut Kalla, kampus-kampus yang memiliki program studi perbankan juga harus mengadaptasikan kurikulumnya dengan perubahan teknologi sekarang.

Sehingga, sambung Kalla, saat ini perbankan bukan hanya bisnis kepercayaan, tetapi juga bisnis yang dilandasi teknologi.

"Jadi dunia perbankan, kalau dulu perbankan itu apa? Ya bisnis kepercayaan. Sekarang mesti ditambah, bisnis kepercayaan dan teknologi," kata Kalla.

"Karena bukan lagi bisnis kepercayaan melulu, tapi orang berpikir kalau kita mau kirim uang, dulu hitungannya hari, kemudian jam, sekarang detik," lanjut Kalla.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X