KPU Harap Cawapres Hadir di Debat Kedua Pilpres - Kompas.com

KPU Harap Cawapres Hadir di Debat Kedua Pilpres

Kompas.com - 11/02/2019, 18:02 WIB
Komisioner KPU Ilham SaputraKOMPAS.com/Fitria Chusna Farisa Komisioner KPU Ilham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) mengarapkan kehadiran cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat kedua pilpres, Minggu (17/2/2019).

Meskipun peserta debat kedua pilpres hanya calon presiden, KPU akan tetap mengirim undangan ke cawapres agar hadir sebagai tamu.

"Iya, kami akan undang cawapres. Cawapres kita harap bisa hadirlah," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Selain mengundang cawapres, KPU juga akan mengundang elite partai politik dan para mantan pejabat negara.

Baca juga: Timses: Debat Kedua, Jokowi Akan Membawa Program yang Realistis

Tidak hanya itu, sejumlah pihak yang berkaitan dengan tema debat kedua pilpres juga akan diundang sebagai tamu KPU.

"Tidak mungkin kemudian misalnya saja orangnya yang kita undang itu-itu saja. Tentu saja by issues ya," ujar Ilham.

"Misalnya kemarin, (tema) hukum kita undang orang hukum, besok tanggal 17 soal (tema) energi, soal pangan, soal infrastruktur tentu saja kita akan undang orang-orang yang berkaitan dengan isu tersebut," sambungnya.

KPU akan menambah jumlah tamu undangan debat kedua pilpres sebanyak 100 orang. Total jumlah tamu undangan menjadi 600 orang.

Jumlah tersebut nantinya akan dialokasikan untuk tamu paslon 01 dan 02, serta tamu undangan KPU.

Baca juga: Koalisi #BersihkanIndonesia Gelar Aksi Teatrikal Usulkan Materi Debat Pilpres

Pada debat pertama Januari lalu, tamu undangan total berjumlah 500 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 100 tamu paslon nomor urut 01, 100 tamu paslon nomor urut 02, dan 300 sisanya tamu undangan KPU.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.



Close Ads X