Kompas.com - 26/11/2018, 20:08 WIB
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menyiapkan rencana solusi untuk mengantisipasi kemacetan di tol Cikampek saat libur hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto menuturkan, salah satu solusinya adalah penghentian sementara tiga proyek besar yang di ruas tol tersebut.

Penghentian semenatra akan dilakukan mulai 18 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

Tiga proyek yang ia maksud adalah pembangunan, light rail transit (LRT), kereta cepat Jakarta-Bandung, dan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

"Untuk mengurangi gangguan terhadap kelancaran, nanti mulai tanggal 18 Desember sampai tanggal 2 Januari, semua pekerjaan jalan di ruas jln tol itu akan dihentikan sementara," kata Pandu saat ditemui di Menara 165, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

Selain itu, mereka juga berencana membatasi kendaraan sumbu tiga dan lebih, untuk melewati ruas tol tersebut.

Pelarangan tersebut berlaku pada 21 Desember 2018 pukul 00.00 WIB hingga 22 Desember 2018 pukul 24.00 WIB. Kemudian, berlaku pada 25 Desember pukul 00.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Macet Tol Cikampek, Menhub Sebut Skema Penyelesaian Segera Disampaikan

Lalu, aturan tersebut juga berlaku pada 28 Desember pukul 00.00 WIB hingga 29 Desember 2018 pukul 24.00 WIB. Kemudian, pada 1 Januari 2019 pukul 00.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Bambang Sentot Widodo menambahkan, pihaknya juga akan memberlakukan pengalihan lalu lintas jika dibutuhkan.

"Tentunya kita membuat manajemen pengalihan arus lalu lintas apabila terjadi penumpukan. Memberikan alternatif jalan untuk pengalihan," katanya pada kesempatan yang sama.

Kompas TV Kemacetan di ruas Tol Jakarta Cikampek diperkirakan akan terjadi hingga April 2019. Kemacetan di Tol Cikampek akan terus terjadi seiring dengan pengerjaan sejumlah proyek.<br /> <br /> Proyek yang tengah dikerjakan diantaranya pembangunan tol layang Jakarta -Cikampek, pembangunan jalur LRT dan dan kereta cepat Jakarta Bandung. Pengerjaaan proyek ini membuat sejumah jalan mengalami penyempitan lajur jalan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.