Kompas.com - 10/11/2018, 08:41 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2017 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11/2018) pagi. KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2017 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11/2018) pagi.

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Upacara ini rutin digelar tiap tahunnya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia.

Tahun sebelumnya, Jokowi memimpin upacara di TMP Kalibata, Jakarta. Kali ini upacara dilakukan di Bandung karena sekaligus berbarengan dengan kunjungan kerja dan kampanye yang akan dilakukan Jokowi di sejumlah wilayah di kota kembang.

Adapun upacara di TMP Kalibata tahun ini dipimpin wakil presiden Jusuf Kalla.

Pantauan Kompas.com, Jokowi tiba di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung pukul 07.45 WIB setelah menempuh penerbangan selama 30 menit dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kedatangan Jokowi yang mengenakan jas dan peci hitam disambut oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Pangdam dan Kapolda setempat.

Iring-iringan Presiden langsung menuju TMP Kalibata Cikutra dan tiba pukul 08.00 WIB. Presiden didampingi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM Wiranto.

Jokowi selaku inspektur langsung menuju tempat upacara dan menerima laporan dari komandan upacara.

Jokowi dan para peserta upacara lalu memberi penghormatan kepada arwah pahlawan serta mengheningkan cipta. Upacara ditutup dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Setelah upacara berakhir, Presiden dan para peserta upacara menaburkan karangan bunga ke makam para pahlawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X