Pindah Partai, Dua Anggota DPR dari Fraksi PPP Diganti

Kompas.com - 31/10/2018, 13:00 WIB
Pelantikan empat anggota DPR dalam Rapat Paripurna ke 7 Masa Persidangan I Tahun 2018-2019, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOPelantikan empat anggota DPR dalam Rapat Paripurna ke 7 Masa Persidangan I Tahun 2018-2019, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10/2018).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diganti melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW).

Adapun dua orang yang diganti itu yakni Epyardi Asda dari daerah pemilihan Sumatera Barat I dan Ahmad Dimyati Natakusumah dari dapil DKI Jakarta III.

Keputusan tersebut dibacakan oleh Wakil ketua DPR Agus Hermanto dalam Rapat Paripurna ke-7 Masa Persidangan I Tahun 2018-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Untuk diketahui pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, keduanya memutuskan untuk maju dari partai yang berbeda.

Epyardi memutuskan untuk pindah ke Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara, Ahmad Dimyati memilih maju kembali dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca juga: Para Politisi yang Pindah Gerbong di Pemilu 2019...

Fraksi PPP pun menunjuk Hasanuddin untuk menggantikan Epyardi Asda dan Abdul Aziz menggantikan Ahmad Dimyati Natakusumah.

"Hasanuddin dari Fraksi PPP dapil Sumatera Barat I menggantikan saudara Epyardi Asda dan Abdul Aziz dari fraksi PPP DKI Jakarta III menggantikan Ahmad Dimyati Natakusumah," ujar Agus saat membacakan keputusan.

Selain itu pimpinan DPR juga melantik dua anggota lain dari Fraksi Partai Golkar.

Emanuel Blegur dari Fraksi Partai Golkar daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) II menggantikan Setya Novanto yang menjadi terpidana kasus dugaan korupsi proyek e-KTP sejak April 2018.

Kemudian, Agus Santoso dari Fraksi Partai Golkar dapil Jawa Barat II menggantikan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus Gumiwang ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang tersangkut kasus korupsi PLTU Riau.

Setelah pembacaan keputusan, keempat politisi tersebut mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X