Kabareskrim: Kami Masih Cari Jejak Digital Pelaku dan Pengunggah Video Pembakaran Bendera

Kompas.com - 26/10/2018, 14:00 WIB
Wakil Direktur Bareskrim Polri Tindak Pidana Umum Kombes Agung Nugroho, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, Kadiv Humas Irjen Pol Setyo Wasisto, Direktur Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana menggelar konferensi pers pada kasus peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Jumat (26/10/2018). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comWakil Direktur Bareskrim Polri Tindak Pidana Umum Kombes Agung Nugroho, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, Kadiv Humas Irjen Pol Setyo Wasisto, Direktur Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana menggelar konferensi pers pada kasus peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Jumat (26/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Kabareskrim Polri) Komjen Pol Arief Sulistyanto menyatakan penyidik masih mencari jejak digital dari tersangka berinisial US (34), pembawa bendera Hizbut Thahrir Indonesia (HTI) dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober 2018 lalu.

"Handphone yang ditemukan ini masih baru. Dia (US) sudah ganti handphone sejak 24 Oktober kemarin. Mungkin ia jual ketika kasus ramai," kata Arief.

Kemudian, lanjut Arief, hasil dari jejak digital tersebut bisa menjadi bahan penelusuran penyidik dalam mengonstruksi hubugan US dengan HTI.

"Untuk melengkapi alat-alat bukti dan profil US," paparnya.

Baca juga: Bupati: Jangan Khawatir, Garut Aman Pasca-Kasus Bendera

Tak hanya jejak digital pelaku, seperti diungkapkan Arief, penyidik masih mencari orang yang pertama kali mengunggah video pembakaran tersebut sehingga di viral media sosial.

Menurutnya, siapa pun yang memenuhi unsur pidana dan perbuatan melawan hukum dalam HSN tersebut akan dipidanakan.

"Kami masih dalami jejak digital juga siapa yang upload pertama kali," imbuhnya.

Di sisi lain, guna menerangkan ragam silang pendapat yang terjadi di masyarakat, Arief mengemukakan bahwa kepolisian akan menyampaikan informasi yang akurat dalam forum yang lebih tinggi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X