Kompas.com - 23/10/2018, 11:59 WIB
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com — Pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 masih terus berlangsung. Hingga Selasa (23/10/2018) pagi, sebanyak 2.673.733 pelamar dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi.

Bagi pelamar CPNS yang dinyatakan lolos seleksi administrasi ini, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis komputer dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Meski beberapa kementerian/lembaga/daerah telah mengumumkan hasil administrasi,  jadwal pelaksanaan SKD belum diumumkan.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, jadwal pelaksanaan SKD ini dapat diakses oleh pelamar CPNS dalam dua hari mendatang.

"Lihat jadwal di situs instansi dan/atau SSCN mulai 25 Oktober," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada Kompas.com, Selasa (23/10/2018).

Baca juga: Belum Semua Instansi Umumkan Hasil Administrasi CPNS, Ini Kata BKN

Pemberitaan sebelumnya menyebutkan, pelaksanaan SKD akan dilaksanakan pada 26 Oktober-17 November 2018.

Terkait dengan lokasi tes, informasi dari akun resmi Twitter BKN, @BKNgoid, menyebutkan bahwa tes CAT BKN akan dilaksanakan di 237 lokasi.

Adapun 237 lokasi ini meliputi 26 lokasi di kantor regional BKN, UPT BKN, dan kantor pusat BKN, 193 lokasi di provinsi atau kabupaten atau kota, dan 18 lokasi di instansi pusat.

Tes SKD

Tes SKD yang akan diujikan kepada para pelamar CPNS kali ini terbagi menjadi tiga, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Sementara ketiga tes tersebut mempunyai passing grade atau nilai ambang batas SKD berbeda untuk masing-masing formasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.