Jokowi: Australia Ingin Hubungan dengan Indonesia Kuat dan Saling Menguntungkan

Kompas.com - 31/08/2018, 17:28 WIB
Presiden Joko Widodo, Jumat (31/8/2018) sore, menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Istana Kepresidenan Bogor.Biro Pers Setpres Presiden Joko Widodo, Jumat (31/8/2018) sore, menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Istana Kepresidenan Bogor.

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyambut baik kunjungan Perdana Menteri Australia Scott Morrison ke Indonesia.

Diketahui, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi Morrison setelah dilantik sebagai Perdana Menteri baru Australia.

"Saya dengan Perdana Menteri Morrison sebenarnya sudah melakukan pembicaraan telepon sehari setelah beliau dilantik," ujar Presiden Jokowi dalam sesi pernyataan pers bersama di Ruang Teratai, Gedung Utama, Istana Presiden Bogor, Jumat (31/8/2018).

Baca juga: Jokowi Merasa Terhormat Indonesia Jadi Negara Pertama yang Dikunjungi PM Scott Morrison

"Dan ternyata Indonesia mendapatkan kehormatan karena menjadi negara pertama yang dikunjungi oleh Perdana Menteri Morrison," lanjut dia.

Presiden Jokowi berpendapat, hal tersebut dapat dimaknai bahwa pemerintahan baru Negeri Kanguru sangat berkomitmen meningkatkan hubungan dengan Indonesia.

"Ini dimaknai bahwa pemerintahan baru Australia ingin agar hubungan dengan Indonesia kuat dan saling menguntungkan," ujar Jokowi.

Baca juga: Scott Morrison Terpilih Menjadi Perdana Menteri Baru Australia

Indonesia pun menyambut positif sinyal pemerintahan Australia tersebut. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi berharap sejumlah nota kesepahaman yang ditandatangani dengan delegasi Australia dapat berjalan dengan tepat sasaran.

Beberapa kerjasama yang disepakati Indonesia dengan Australia, antara lain kerjasama di bidang transportasi, sekuriti siber, hingga penanganan tindak pidana terorisme.

Kompas TV Perdana Menteri Australia, menyebut Presiden Jokowi, sebagai salah satu pemimpin paling penting dan panutan di Dunia.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X