PSI: Parpol-parpol Pengusung Jokowi Dinamakan Koalisi Indonesia Kerja

Kompas.com - 09/08/2018, 13:32 WIB
Presiden Joko Widodo bersama sembilan orang sekjen parpol pendukungnya saat bertemu di Istana Presiden Bogor, Selasa (31/7/2018).Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan Presiden Joko Widodo bersama sembilan orang sekjen parpol pendukungnya saat bertemu di Istana Presiden Bogor, Selasa (31/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama koalisi partai politik pengusung Joko Widodo dan pasangannya dalam Pemilihan Presiden 2019 sudah disepakati.

"Nama koalisinya sudah disepakati, 'Koalisi Indonesia Kerja'," kata Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni kepada Kompas.com, Kamis (9/8/2018).

Antoni mengatakan, nama tersebut dipilih karena kerja adalah identik dengan karakter Jokowi selama memimpin Indonesia empat tahun terakhir ini.

Baca juga: PAN Dinilai Punya Prospek yang Bagus Jika Bergabung ke Koalisi Jokowi

"Dengan kerja, kerja, dan kerja, Pak Jokowi mengubah paradigma dan orientasi politik selama ini, politik yang hanya mengabdi kepada kekuasaan dan uang saja," kata dia.

Jika tak ada perubahan sampai pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jumat besok, koalisi ini akan disokong sembilan partai politik.

Enam parpol berada di parlemen yakni PDI-P, Golkar, Nasdem, PKB, PPP dan Hanura.

Baca juga: PDI-P Berharap PAN Gabung ke Koalisi Jokowi

Selain itu, juga ada tiga parpol di luar parlemen, yakni PSI, Perindo dan PKPI.

Menurut Antoni, Jokowi dan pasangannya akan mendaftarkan diri ke KPU pada Jumat besok. Jokowi dan rombongan akan tiba di KPU sebelum waktu shalat Jumat.

Adapun pada 2014 lalu, koalisi pendukung Jokowi-Jusuf Kalla bernama Koalisi Indonesia Hebat.

Kompas TV Selain membicarakan strategi pertemuan para sekjen juga membahas struktur tim kampanye.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X