BNPB: Tak Ada Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Rinjani dan Agung

Kompas.com - 06/08/2018, 11:42 WIB
Pintu masuk pendakian Gunung Rinjani yang terlihat rusak usai gempa bermagnitudo 6,4, Minggu (29/7/2018) Dok. BNPB/HandoutPintu masuk pendakian Gunung Rinjani yang terlihat rusak usai gempa bermagnitudo 6,4, Minggu (29/7/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan bahwa gempa bermagnitudo 7  di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Rinjani.

Begitu juga dengan aktivitas vulkanik di Gunung Agung, Provinsi Bali.

"Gempa 7 SR tidak membangkitkan aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani maupun Gunung Agung," ujar Sutopo saat memberikan keterangan di kantor BNPB, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018).

Baca juga: PMI Solo Kirim Relawan dan Obat-obatan untuk Korban Gempa Lombok

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (23/2/2018).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Menurut Sutopo, berdasarkan pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, aktivitas vulkanik kedua gunung tersebut masih dalam kondisi normal.

Kendati demikian Sutopo meminta masyarakat tetap waspada dan mengungsi ke tempat yang aman.

"Artinya tidak terjadi peningkatan aktivitas (vulkanik)," kata Sutopo.

Baca juga: 1.000 Turis Asing dan Domestik Dievakuasi Dari Gili Trawangan

Berdasarkan data terakhir BNPB, Senin (6/8/2018), terdapat 91 korban meninggal dunia dan 209 korban luka-luka akibat bencana gempa yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) malam.

Menurut Sutopo, daerah Lombok Utara merupakan daerah yang paling parah terkena gempa bumi. Total terdapat 72 orang meninggal dunia dan 64 luka-luka.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X