Kemenhub Sediakan 30.000 Tiket Mudik Gratis Naik Kapal Jakarta-Semarang

Kompas.com - 01/06/2018, 16:59 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika ditemui Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (18/4/2018). KOMPAS.com/MOH NADLIRMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika ditemui Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menyediakan pelayanan mudik gratis Lebaran 2018 menggunakan kapal laut bagi warga Jakarta yang hendak mudik ke Semarang, Jawa Tengah.

"Kami menyediakan space mudik gratis bagi 30.000 penumpang," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat dijumpai di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Budi mengatakan, pihaknya sengaja hanya menyediakan mudik gratis dengan tujuan Kota Semarang.

Sebab, berdasarkan catatan, pemudik dari Jakarta yang paling banyak jumlahnya adalah ke Semarang.

Saat ini, sebanyak 76 persen slot penumpang sudah terisi. Oleh sebab itu, Budi mengimbau jika ada calon pemudik ke Semarang yang berminat, segera mengunjungi loket di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Gambir.

"Loket kami buka di Stasiun Gambir dan Jatinegara. Silahkan datang saja ke sana untuk tahu lebih lengkapnya," ujar dia.

Kebijakan ini, lanjut Budi, merupakan salah satu langkah pemerintah untuk menekan angka pemudik yang menggunakan motor.

Sebab, risiko gangguan keselamatan mudik dengan mengendarai motor sangat tinggi.

Kemenhub memprediksi, pemudik menggunakan motor menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini tumbuh sebesar 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Padahal risiko kecelakaan motor itu 70 sampai 80 persen. Maka kami anjurkan mudik itu tak menggunakan motor saja," ujar Budi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X