Kompas.com - 22/05/2018, 11:18 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menilai banyak perubahan yang terjadi selama 20 tahun Reformasi.

Namun, menurut Puan, banyak pula tantangan yang hadir selama periode tersebut. Salah satu tantangan itu yakni terkait dengan potensi disintegrasi yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

"Potensi disintegrasi bangsa terus datang. Kita masih ragu-ragu untuk mengatakan bahwa kita adalah Indonesia," ujar Puan dalam acara Refleksi 20 Tahun Reformasi di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Menurut Puan, potensi disintegrasi bangsa itu datang karena era globalisasi yang berakibat bukan hanya membuat orang meninggalkan gaya hidup tetapi juga menciptakan disorientasi budaya.

Baca juga: Tantangan 20 Tahun Reformasi, dari Kesenjangan hingga Hoaks

Oleh karena itu, kata Puan, 20 tahun Reformasi tak hanya sekedar peringatan, namun haruslah menyentuh pembangunan manusia dan kebudayaan.

Bila hal itu dijalankan, putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputeri itu yakin persatuan dan kesatuan bangsa tetap kuat.

"Hari ini kita berkumpul bukan untuk saling menyalahkan, bukan untuk mengingat duka 20 tahun lalu, tetapi untuk menyatakan diri kita bahwa kita adalah Indonesia," kata dia.

Kunci penting dari kemajuan bangsa pasca 20 tahun reformasi yakni sumberdaya manusia. Oleh karenanya, dibutuhkan SDM yang mempuni, tangguh dan mandiri untuk menjaga kebhinnekaan bangsa ini ke depan.

Menurut Puan, di sanalah peran penting dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang ia pimpin saat ini.

Kompas TV Bagaimana memastikan seluruh agenda reformasi dijalankan pemerintah? PR yang masih belum dituntaskan pemerintah?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.