Lagu "Indonesia Raya" Buka Festival Cap Go Meh dan Parade Budaya

Kompas.com - 04/03/2018, 15:23 WIB
Penyanyi Edo Kondologit menyanyi lagu Indonesia Raya, didampingi sejumlah petinggi negara yang menghadiri Festival Cap Go Meh di LTC Glodok, Jakarta, Minggu (4/3/2018). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comPenyanyi Edo Kondologit menyanyi lagu Indonesia Raya, didampingi sejumlah petinggi negara yang menghadiri Festival Cap Go Meh di LTC Glodok, Jakarta, Minggu (4/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Festival Cap Go Meh kembali diadakan di kawasan Lindeteves Trade Center Glodok, Jakarta, Minggu (4/3/2018). Warga memadati Jalan Hayam Wuruk, tempat panggung utama dan jalur parade berada.

Musisi Edo Kondologit mengawali acara dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya", diikuti dengan para tamu undangan dan masyarakat yang memadati kawasan Glodok. Nyanyian lagu kebangsaan itu pun menggema dalam festival ini.

Ketua Dewan Pembina Panitia Cap Go Meh Glodok 2018 Charles Honoris mengungkapkan, acara ini juga akan dimeriahkan oleh parade budaya dari para peserta karnaval yang berasal dari beragam latar belakang komunitas, profesi, suku, adat dan agama.

"Selain barongsai dan arak-arakan Joli yang menjadi ciri khas Cap Go Meh, ada tarian gemufamire, sisingaan, reog Ponorogo, dan juga marching band dari Remaja Masjid Istiqlal yang sangat bersemangat memeriahkan acara," ujar Charles, Minggu (4/3/2018).


(Baca juga: Ondel-ondel dan Barongsai Ramaikan Karnaval Cap Go Meh Glodok)

Charles menegaskan, Cap Go Meh merupakan bagian dari warisan kebudayaan Indonesia sejak ratusan tahun lalu. Dalam perayaan ini, semua orang dari berbagai latar belakang budaya, etnis, suku dan agama bisa berpartisipasi.

"Wajah Indonesia yang bineka dan berbudaya terlihat dari perayaaan Cap Go Meh Glodok 2018 ini," kata Charles.

Sementara itu, Ketua Panitia Cap Go Meh Glodok 2018, Tjian Bun Kiat menjelaskan, seluruh rangkaian acara dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB di seputaran Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

"Karnaval menempuh rute sejauh sekitar 3,5 kilometer. Dimulai dari depan LTC Glodok Jalan Hayam Wuruk, putar balik di Harmoni, masuk ke Jalan Gadjah Mada sampai titik finish di depan Hotel Novotel," ujar Tjian.

Selain parade kebudayaan, festival yang berlangsung sejak hari Sabtu kemarin ini juga dimeriahkan oleh penjual makanan dan minuman, mulai dari kebab, kerak telor, dodol betawi, es potong, hingga Soto Lamongan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X