Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2018, 15:11 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Kunjungan kerja ke Sumatera Barat selama tiga hari terakhir rupanya membawa memori Presiden Joko Widodo ke masa muda.

"Tahun 1983, ada anak muda naik bis selama tiga hari dari Jawa melalui Padang, Solok Selatan lalu menuju Gunung Kerinci," ujar Presiden Jokowi dalam pidatO Hari Pers Nasional 2018 di Danau Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

Saat melintasi Solok Selatan, lanjut Jokowi, anak muda itu demikian kagum dengan keindahan rumah gadang tersebut.

"Dan anak muda tersebut adalah yang ada di depan Bapak Ibu semuanya saat ini," lanjut Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan meriah 3.000 tamu.

Baca juga : Saat Jokowi Alih Profesi Jadi Wartawan...

"Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci, lewat Solok Selatan, ada rumah tradisi adat, yaitu rumah gadang, sangat indah sekali," lanjut dia.

Kekaguman akan keindahan rumah gadang itu pun masih terasa sampai kini, saat Jokowi sudah duduk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Sebagai bentuk kekaguman, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono merevitalisasi rumah-rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan.

"Sebagai bentuk kekaguman, saya mencanangkan merevitalisasi 1.000 rumah gadang Kabupaten Solok Selatan, provinsi Sumatera Barat. Tadi pagi saya sudah perintahkan Pak Menteri, tolong selesaikan tahun ini," lanjut Jokowi.

Revitalisasi rumah-rumah gadang ini akan menjadi prototipe pembangunan rumah gadang yang ada di Sumatera Barat, bahkan seluruh Indonesia.

Kompas TV Presiden Joko Widodo akan mencopot Kapolda ataupun Pangdam yang tak mampu mencegah kebakaran hutan di wilayahnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.