Wiranto Berharap Kepala BSSN Sudah Ada Bulan Ini

Kompas.com - 03/10/2017, 14:55 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur (sebelah kiri foto) dan Menkominfo Rudiantara (sebelah kanan) di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. Selasa (3/10/2017). Kompas.com/Robertus BelarminusMenteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur (sebelah kiri foto) dan Menkominfo Rudiantara (sebelah kanan) di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. Selasa (3/10/2017).
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto berharap Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan para deputi di dalamnya sudah pada bulan ini. Seperti diketahui, BSSN telah resmi dibentuk setelah ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (Perpres) Nomor 53 tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2017.

"Secepat mungkin. Saya mengharapkan bulan ini selesai tuntas," kata Wiranto, usai rapat koordinasi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur dan Menkominfo Rudiantara.

Wiranto menyatakan, ketentuan menunjuk kepala BSSN sudah ada panduannya di PP tersebut. Presiden akan menunjuk personil yang punya kemampuan.


"Tentu Presiden menunjuk personel yang punya kualifikasi, personel yang punya kompetensi masalah ini," ujar Wiranto.

(Baca: Pemerintah Bentuk Tim Transisi Badan Siber dan Sandi Negara)

Rapat koordinasi di kantor Kemenko Polhukam ditujukan menuntaskan pembentukan organisasi siber nasional atau Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Menurut Wiranto, Presiden sudah lama mengingatkan agar segera dibentuk badan ini karena ini sangat berpengaruh pada cara menanggulangi ancaman baru, yang bukan karena perang atau dengan senjata api, tetapi ancaman di dunia maya. Oleh karena itu, Wiranto menuturkan rapat ini untuk menunjuk pimpinan atau deputi BSSN.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN).

Sebagaimana laman Sekretariat Kabinet merilis Perpres tersebut ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2017 dan disebutkan bahwa BSSN bertugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengkonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

(Baca: okowi Tandatangani Perpres Pembentukan Badan Siber)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X