TNI Bantu Cari 10 Pelaut AS Korban Tabrakan Kapal di Singapura

Kompas.com - 23/08/2017, 13:34 WIB
Lubang di lambung kiri kapal perusak AS, USS John S McCain setelah ditabrak kapal tanker berbendera Nigeria.
Reuters via Deutsche WelleLubang di lambung kiri kapal perusak AS, USS John S McCain setelah ditabrak kapal tanker berbendera Nigeria.
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Numantyo mengatakan, penyisiran perairan di sekitar negara Singapura terus dilakukan.

Penyisiran dilakukan guna menemukan 10 pelaut Amerika Serikat yang hilang, pascainsiden tabrakan antara Kapal perusak USS John S. McCain dengan kapal dagang Alnic MC di dekat Selat Malaka pada Senin dini hari lalu.

"(Penyisiran) masih tetap dilakukan bersama Malaysia dan Singapura melakukan pencarian," kata Gatot di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2017).

"(Dari pihak Indonesia) Pencarian dilakukan Komando Pasukan Katak (Kopaska), kapal-kapal kecil, termasuk nelayan kami mobilisasi," tambah dia.


(baca: Begini Kondisi Kapal Perusak AS setelah Ditabrak Tanker di Singapura)

Secara teknis, Gatot mengatakan bahwa pencarian terhadap para korban akan disesuaikan dengan situasi di lapangan.

"Itu kan wilayah padat. Pencarian, kami lihat di lokasi kejadian. Arusnya ke mana, itu yang kami kejar," kata dia.

Sebelumnya, dikutip dari AFP, Angkatan Laut AS menyampaikan perihal tabrakan dua kapal tersebut di sebelah Timur Singapura.

"Laporan awal mengindikasikan Kapal John S. McCain mengalami kerusakan pada sisi kiri," demikian tertulis dalam keterangan itu.

"Saat ini ada 10 pelaut yang hilang dan lima terluka. Upaya pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah setempat."

"Tingkat kerusakan dan cedera personel sedang ditentukan, insiden akan diselidiki."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X