Kompas.com - 13/06/2017, 14:37 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2017) Rakhmat Nur Hakim/Kompas.comMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2017)
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, proses 8 jam belajar di sekolah tak akan selalu dilakukan di kelas.

Ia menyebutkan, membantu orangtua di sawah dan berdagang di toko termasuk dalam penilaian program 8 jam belajar di sekolah.

"Justru membantu orangtua itu nanti menjadi bagian dari penilaian kami tentang pembentukan karakter yang bersangakutan," ujar Muhadjir, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Meski membantu orang tua merupakan aktivitas luar sekolah, hal itu tetap menjadi tanggung jawab guru.

Proses belajar bisa dilakukan di dalam mauupun luar sekolah.

Baca: Belajar 8 Jam Sehari Tak Cocok untuk Semua Sekolah, Ini Alasannya!

Menurut Muhadjir, guru, orangtua siswa, dan masyarakat, menjadi tiga bagian penting yang membentuk karakter peserta didik. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gguru juga bertugas sebagai katalisator untuk mempercepat siswa menemukan dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

"Siapa tahu kalau kecilnya sudah sering membantu orangtua, besarnya nanti jadi pengusaha besar. Dan itu guru sudah membibit sejak dini dan memberikan arahan itu. Oh kamu ternyata nanti berbakat menjadi konglomerat. Ternyata anaknya lebih suka bisnis misalnya," papar Muhadjir.

"Kalau sudah seperti itu, maka bisa diarahkan nanti sejak dini. Jadi menggali bakat talenta sejak dini itu sangat bagus," lanjut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Kompas TV Mendikbud Wacanakan Sekolah 5 Hari Dalam Sepekan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.