Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di KTT Arab Islam Amerika, Jokowi Sampaikan 4 Pemikiran Berantas Terorisme

Kompas.com - 22/05/2017, 10:43 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan empat pemiikiran terkait pemberantasan terorisme dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (21/5/2017). 

Pertama, umat Islam se-dunia harus bersatu bersatu untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah. 

"Persatuan umat Islam merupakan kunci untuk keberhasilan memberantas terorisme; janganlah energi kita habis untuk saling bermusuhan," ujar Presiden Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi Istana. 

(Baca: Jokowi Minta AS Hilangkan Persepsi Islam sebagai Musuh)

Kedua, Jokowi menegaskan, kerja sama pemberantasan radikalisme dan terorisme harus ditingkatkan, termasuk dalam hal pertukaran informasi intelijen; pertukaran penanganan Foreign Terrorist Fighters (FTF) dan peningkatan kapasitas. 

Jokowi juga berharap negara-negara di dunia berupaya menghentikan aliran dana kepada kelompok terorisme.

"Semua sumber pendanaan harus dihentikan. Kita semua tahu banyaknya dana yang mengalir sampai ke akar rumput di banyak negara dalam rangka penyebaran ideologi ekstrem dan radikal. Semua aliran dana harus dihentikan," ujar Jokowi. 

Ketiga, akar persoalan terorisme harus diselesaikan. Ketimpangan sosial dan ekonomi harus diakhiri diiringi dengan kebijakan penguatan ekonomi inklusif bagi kelompok yang rentan terjun ke dunia radikalisme.

(Baca: Jokowi Akan Bicara Anti-terorisme di KTT Arab Islam Amerika)

Terakhir, Presiden Jokowi berharap setiap negara di dunia berani menjadi "part of solution", bukan "part of problem" dalam hal pemberantasan terorisme. 

"Setiap dari kita harus dapat menjadi bagian upaya penciptaan perdamaian dunia,” ujar Presiden Jokowi mengakhiri sambutannya.

Kompas TV Waspada Paham Radikalisme di Dunia Pendidikan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com