Kompas.com - 21/11/2016, 11:12 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPD RI Abdul Azis Khafia mengatakan, masyarakat harusnya mencemati proses hukum atas kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Bareskrim Polri.

Ia menilai, masyarakat tak perlu lagi melakukan aksi unjuk rasa pada 2 Desember 2016.

"Jika yang menjadi tuntutan selama ini adalah penegakan hukum terhadap Ahok yang diduga menista agama, maka sebaiknya ikuti, taati dan kawal saja proses hukum yang sedang diproses oleh Polri," kata Azis dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (21/11/2016).

(baca: Kapolri: Aksi 2 Desember Politis, Bukan Lagi soal Ahok)

Azis mengatakan, demonstrasi merupakan hak setiap warga negara yang dibenarkan dan dijamin oleh konstitusi, yakni dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Akan tetapi, kata Azis, demonstrasi tidak boleh memaksakan kehendak.

"Demonstrasi harus menjaga juga stabilitas keamanan dan ekonomi yang jauh lebih penting," ujar senator asal Jakarta ini.

(baca: Kapolri Minta Kasus Ahok Tidak Ditarik ke SARA)

Ia menambahkan, setelah Ahok ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama, maka menjadi penting untuk kembali menanamkan nilai-nilai keagamaan yang benar sekaligus menyatukan semangat berbangsa dan bernegara.

"Jadi harus dicontoh nilai serta semangat para pejuang dan ulama pejuang," jelas dia.

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) akan kembali menggelar aksi damai jilid III pada 2 Desember 2016. (Baca: GNPF MUI Gelar Aksi Damai pada 2 Desember 2016)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.