Kompas.com - 16/06/2016, 23:06 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara Saipul Jamil, Bertanatalia, mengatakan, uang suap sebesar Rp 250 juta merupakan permintaan dari Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

Hal itu dikatakan Berta seusai diperiksa sebagai tersangka di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (16/6/2016).

"Rohadi yang minta," ujar Berta di Gedung KPK, Kamis malam.

Berta selesai diperiksa oleh penyidik KPK sekitar pukul 22.00 WIB. Ia telah mengenakan rompi tahanan oranye dan segera masuk ke mobil tahanan dan menuju Rutan C1 di Gedung KPK, Jakarta.

TRIBUNNEWS / HERUDIN Pengacara Saipul Jamil, Berthanatalia Ruruk Kariman keluar dari kantor KPK Jakarta usai diperiksa, Kamis (16/6/2016). Berthanatalia ditahan karena diduga terlibat dalam kasus suap panitera pengganti PN Jakarta Utara, Rohadi, terkait pengurangan vonis perbuatan asusila terhadap anak yang dilakukan Saipul Jamil.
Berta dan panitera PN Jakut Rohadi, ditangkap pada Rabu (15/6/2016), pukul 10.40 WIB.

Penangkapan berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.

Petugas KPK menangkap keduanya seusai dilakukan penyerahan uang dari Berta kepada Rohadi. Uang sebesar Rp 250 juta yang dibungkus dalam tas plastik merah, diduga suap yang diberikan terkait perkara Saipul Jamil di PN Jakut.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan membenarkan bahwa suap tersebut terkait pengurusan perkara tindak pidana asusila dengan terdakwa pedangdut Saipul Jamil.

Menurut Basaria, suap tersebut diberikan agar hakim memberikan vonis ringan bagi Saipul Jamil.

KPK telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus ini. Selain Berta dan Rohadi, penyidik KPK menetapkan ketua tim pengacara Saipul, Kasman Sangaji, dan kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah, sebagai tersangka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.