Luhut Pandjaitan Resmi Jabat Menko Polhukam - Kompas.com

Simak kembali catatan Ekspedisi Kompas Cincin Api “Kelud Revolusi Gunung Api” di edisi khusus epaper.kompas.com dan www.cincinapi.com.

BrandzView

Luhut Pandjaitan Resmi Jabat Menko Polhukam

Kompas.com - 13/08/2015, 11:41 WIB
KOMPAS.com/DANI PRABOWO Serah terima jabatan Menko Polhukam dari Tedjo Edhy Purdijatno kepada Luhut Binsar Panjaitan, di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/8/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com — Jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan resmi beralih dari Tedjo Edhy Purdijatno kepada Luhut Binsar Pandjaitan. Serah terima jabatan dilaksanakan pada hari ini, Kamis (13/8/2015), di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, setelah Luhut dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (12/8/2015).

Serah terima itu dilakukan di hadapan semua pejabat eselon satu dan eselon dua kementerian tersebut. Turut hadir dalam sertijab itu menteri di jajaran Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi.

Selain itu, hadir pula Jaksa Agung Basrif Arief, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, dan Wakil Kepala BIN Ervy Triasunu.

Tedjo mengatakan, proses sertijab baru dapat dilaksanakan pada hari ini karena kemarin Luhut masih sibuk dengan jabatannya sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Menurut dia, pergantian menteri merupakan hal yang wajar terjadi di dalam sebuah pemerintahan.

"Ini adalah hal biasa yang terjadi dalam rangka penyegaran," ujar dia.

Sementara itu, Luhut mengaku terkejut saat ia diminta Presiden menjadi Menko Polhukam menggantikan Tedjo. Ia mengatakan baru mengetahui kabar penunjukan itu setelah dihubungi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Rabu kemarin.

"Saya dilantik jadi Menko enggak ngerti juga. Orang pikir saya tahu, padahal saya tidak tahu. Saya tahu setelah dikasih selamat oleh Presiden," katanya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorInggried Dwi Wedhaswary

Terkini Lainnya