Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sudah Saatnya Jokowi Jadi Diri Sendiri..."

Kompas.com - 10/07/2015, 03:29 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik Salim Said mengatakan, kemerosotan politik dan ekonomi yang melanda Indonesia membuat Presiden Joko Widodo harus segera mengambil langkah tegas untuk memperbaiki keadaan.

Menurut Salim, Jokowi harus mampu mengontrol pemerintahannya dengan baik tanpa perlu khawatir akan dimakzulkan oleh kekuatan politik di parlemen.

"Sudah tiba waktunya Jokowi mengatasi kemerosotan dengan menjadi dirinya sendiri," kata Salim dalam diskusi bertajuk "Evaluasi Kinerja Presiden Jokowi" di Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Ia menyebut Jokowi dengan fenomena new kid on the block ketika mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam Pemilu Presiden 2014 lalu. Sejak awal, Jokowi dianggap tidak memiliki latar belakangpolitik yang matang di kancah nasional.

Selain itu, berbeda dengan para presiden pendahulunya, Jokowi juga tidak memiliki latar belakang keluarga ningrat atau petinggi negeri ini.

Kondisinya semakin parah ketika mantan Gubernur DKI Jakarta ini terpilih sebagai presiden. Jokowi, yang tidak menguasai parpol tertentu, memiliki kecenderungan mengalah kepada para pembesar parpol pendukungnya. Alhasil, sebagian besar pembantu Jokowi bukan merupakan orang pilihannya sendiri.

"Jokowi harus berani, berani, berani. Tanpa keberanian, Jokowi tidak mungkin melakukan perubahan kabinet untuk mendapatkan menteri yang sesuai keinginannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com