Kompas.com - 10/03/2015, 13:19 WIB
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Umum DPP Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional IX Jakarta, Agung Laksono, mengucapkan terima kasih pada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait putusan Menteri Hukum dan HAM yang mengakui kepengurusan Golkar hasil Munas Jakarta.

Menurut Agung, pemerintah melalui Menkumham telah mengeluarkan putusan yang tepat.

"Kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya karena telah mengesahkan kepengurusan DPP Partai Golkar sesuai putusan Mahkamah Partai," kata Agung, dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Agung mengatakan, putusan Kemenkumham itu merupakan bukti konkret dari pemerintah yang berkomitmen mendorong kemandirian partai politik dan demokrasi di Indonesia. Sikap pemerintah, lanjut Agung, telah sesuai dengan UU Nomor 2/2011 tentang Partai Politik. Keberadaan Mahkamah Partai juga diatur tegas dalam peraturan organisasi Partai Golkar.

"Dalam Pasal 32 UU Parpol disebutkan bahwa Mahkamah Partai atau sebutan lain yang dibentuk oleh partai politik menyatakan bahwa keputusan Mahkamah Partai bersifat final dan mengikat," ujarnya.

Menteri Hukum dan HAM mengeluarkan surat dengan Nomor: M.HH.AH.11.03- 26 tertanggal 10 Maret 2015 tentang kepengurusan Partai Golkar. (baca: Kemenkumham Akui Kepengurusan Golkar Versi Agung Laksono)

Dalam surat yang ditandatangani Menkumham Yasonna H Laoly itu disebutkan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 32 ayat (5) UU Nomor 2/20144 tentang Perubahan Atas UU Nomor 2/2008 tentang Partai Politik dinyatakan bahwa putusan Mahkamah Partai bersifat final dan mengikat secara internal dalam hal perselisihan kepengurusan.

Dengan alasan itu, Menkumham meminta kepengurusan Golkar hasil Munas IX Jakarta untuk segera membentuk kepengurusan secara selektif dengan kewajiban mengakomodir kader-kader Partai Golkar yang memenuhi kriteria berprestasi, berdedikasi, loyal, dan tidak tercela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.