Ini Tiga Benda yang Pastikan Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan - Kompas.com

Ini Tiga Benda yang Pastikan Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

Kompas.com - 30/12/2014, 20:52 WIB
AFP PHOTO / BAY ISMOYO Tim SAR memperlihatkan barang dan serpihan yang diambil dari Laut Jawa dalam operasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501, di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (30/12/2014). Sejumlah barang dan jenazah sudah berhasil diangkat oleh tim SAR dari laut.


JAKARTA, KOMPAS.com — Badan SAR Nasional memastikan bahwa serpihan yang ditemukan di perairan sebelah barat daya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, adalah pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) pagi. Basarnas memastikan hal tersebut berkat temuan tiga benda yang dipastikan milik pesawat tersebut.

"Kita temukan aspirator assembly yang sama dengan yang dimiliki pesawat AirAsia," ujar Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Soelistyo saat jumpa pers di kantor pusat Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/12/2014).

Soelistyo mengatakan, aspirator assembly/slide craft (P/N 60322-105) memiliki kesamaan dengan pesawat AirAsia QZ8501. Basarnas telah menghadirkan teknisi AirAsia untuk memastikan bahwa alat tersebut merupakan bagian dari pesawat AirAsia.

"Serpihan dari pesawat yang sampai sekarang ini barangnya sudah di-firm (dipastikan) tim AirAsia dan dibawa ke Pangkalan Bun," ucap Soelistyo.

Selain itu, tim gabungan juga menemukan sebuah koper kecil berwarna biru yang diduga milik penumpang AirAsia QZ8501. Ditemukan pula alat bernama resevoir slide craft yang dipastikan milik pesawat AirAsia yang hilang tersebut.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorFidel Ali Permana

Terkini Lainnya


Close Ads X