Kompas.com - 07/08/2014, 14:24 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Transisi presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla, mengusulkan agar Jokowi melakukan blusukan tematik. Kegiatan ini dianggap sebagai cara untuk mengetahui masalah lebih detail dan mempercepat penyusunan strategi penyelesaiannya.

"Hari ini kami bahas soal blusukan tematik," kata Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto, di Rumah Transisi, Jakarta Pusat, Kamis (7/8/2014).

Andi menjelaskan, usulan ini akan dirumuskan lebih detail oleh dua orang yang ditugaskan secara khusus yakni Prananda Prabowo dan Wahyu Sakti Trenggono. Jika disetujui oleh Jokowi, maka blusukan tematik akan dilakukan sampai hari pelantikan presiden dan wakil presiden pada Oktober mendatang.

Blusukan tematik berbeda dengan blusukan yang telah dilakukan Jokowi selama ini. Perbedaannya, blusukan tematik lebih fokus pada masalah yang akan diselesaikan. Misalnya, kata Andi, ketika Jokowi ingin menyelesaikan masalah jalan yang rusak, maka waktu blusukan dihabiskan untuk mengamati wilayah yang jalannya rusak. Dari kegiatan itu diharapkan didapat kesimpulan mengenai penyebab, implikasi, dan cara menyelesaikannya.

"Terus kalau soal Kartu Indonesia Pintar misalnya, kita cari lokasi di mana anak-anak harus jalan jauh untuk ke sekolahnya, masalahnya apa, kita cari cara untuk menyelesaikan," ujarnya.

Andi yakin, Jokowi akan menerima usulan ini karena cermat mengatur waktu dan akan dibantu oleh kelompok kerja masing-masing bidang. Blusukan tematik lebih mudah dilakukan ketika lokasinya relatif dekat dengan Jakarta karena Jokowi dapat bergerak seusai jam kerja sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Jika lokasi blusukan di luar kota, maka Jokowi dapat menggunakan waktu luangnya pada akhir pekan.

"Tidak akan mengganggu waktu Pak Jokowi. Karena kita ingin selesaikan masalah dan Pak Jokowi pandai mengatur waktu," kata Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.