Panglima TNI : Kesiagaan TNI Kini Lebih Tinggi Jelang Rekapitulasi

Kompas.com - 11/07/2014, 20:57 WIB
Panglima TNI Jenderal Moeldoko menggelar jumpa pers terkait dugaan oknum bintara pembina masyarakat (babinsa) yang mengarahkan masyarakat memilih pasangan capres dan cawapres tertentu, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (8/6/2014). Moeldoko meminta publik tak resah dengan kasus tersebut dan menjamin TNI tetap netral, serta jalannya pilpres akan dikawal dengan baik. TRIBUNNEWS/HERUDINPanglima TNI Jenderal Moeldoko menggelar jumpa pers terkait dugaan oknum bintara pembina masyarakat (babinsa) yang mengarahkan masyarakat memilih pasangan capres dan cawapres tertentu, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (8/6/2014). Moeldoko meminta publik tak resah dengan kasus tersebut dan menjamin TNI tetap netral, serta jalannya pilpres akan dikawal dengan baik.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, TNI akan meningkatkan pengamanan teritorial jelang rekapitulasi suara yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) 22 Juli 2014 mendatang.

"Pasti lebih tinggi siaganya. Kekuatan yang tergelar sekarang selalu siaga. Tetapi unsur-unsur cadangannya siap dikerahkan," kata Moeldoko saat buka puasa bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Selain pengamanan teritorial, menurut Moeldoko, TNI juga akan meningkatkan fungsi intelijennya guna mendeteksi segala potensi kerawanan yang mungkin terjadi. Di samping juga meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga keamanan bersama.

"Pasukan akan standby. Mereka akan melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, jangan sampai terjadi sesuatu," ujarnya.

Hingga kini, ia menambahkan, kondisi keamanan di seluruh wilayah Indonesia kondusif pasca pemungutan suara Pilpres 2014. Meski demikian, TNI tetap akan meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi dinamika sosial yang terjadi.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X