Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina, Din Syamsuddin Ucapkan Terima Kasih

Kompas.com - 24/06/2014, 16:40 WIB
Calon Presiden nomor urut 2 Joko Widodo memberikan jawaban dalam debat capres 2014 putaran ketiga, di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014). Debat capres kali ini mengangkat tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional'. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Calon Presiden nomor urut 2 Joko Widodo memberikan jawaban dalam debat capres 2014 putaran ketiga, di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014). Debat capres kali ini mengangkat tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional'.
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Din Syamsuddin selaku Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina (PPIP) berterima kasih kepada calon presiden Joko Widodo alias Jokowi yang mendukung kemerdekaan Palestina. Din juga mengapresiasi gagasan untuk mendirikan Kedutaan Besar Indonesia di Palestina.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada capres Jokowi, yang dalam debat presiden menyampaikan sikap dan pandangan untuk memberikan dukungan penuh pada kemerdekaan Palestina," kata Din di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Din mengaku tak menyaksikan langsung pernyataan Jokowi dalam debat capres ketiga tersebut. Ketua Umum MUI itu hanya membaca dari running text di salah satu stasiun televisi.

Din mengatakan, solidaritas bangsa Indonesia terhadap rakyat Palestina sudah menjadi amanat konstitusi bahwa Indonesia harus terlibat dalam perwujudan perdamaian. Sikap itu pun telah dilakukan sejak Presiden Indonesia pertama Soekarno.


"Sebenarnya, siapa pun yang terpilih nanti, PPIP berharap untuk menegaskan sikap Indonesia terhadap kemedekaan Palestina," katanya.

Din menambahkan, meski mengapresiasi, bukan berarti dirinya memberikan dukungan kepada Jokowi di Pilpres 9 Juli mendatang. Din menegaskan, PP Muhammdiyah maupun MUI bersikap netral dalam Pilpres 2014.

Sebelumnya, dalam acara debat ketiga antarkandidat peserta Pemilu Presiden 2014, Jokowi menyatakan bahwa ia dan pasangannya, Jusuf Kalla, berkomitmen penuh mendukung kemerdekaan Palestina dan mendukung negara itu menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa. (baca: Jokowi: Kami Dukung Penuh Kemerdekaan Palestina)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X