Bawaslu Targetkan Sengketa Pemilu Selesai 4 April

Kompas.com - 02/04/2014, 18:34 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum menargetkan seluruh gugatan sengketa dari partai politik (parpol) dan calon angota legislatif DPD yang didiskualifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai pada Jumat (4/4/2014) mendatang. Padahal, tahapan kampanye hanya sampai Sabtu (5/4/2014).

"Mudah-mudahan pada 4 April nanti semua keputusan sudah bisa dikeluarkan oleh Bawaslu, sehingga tidak menghambat peserta dan penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD," ujar Ketua Bawaslu Muhammad, di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2014).

Ia mengatakan, keputusan Bawaslu terkait sengketa pemilu bersifat final dan mengikat. Karenanya, kata dia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) wajib melaksanakan rekomendasi Bawaslu sesuai keputusan tersebut.

"Jika pemohon diputuskan memenuhi syarat, maka KPU wajib mengembalikan hak pemohon itu," kata dia.

Hingga Selasa (1/4/2014), Bawaslu telah mengabulkan gugatan tiga parpol dan 13 caleg DPD yang keikutsertaannya dalam pemilu dicoret KPU karena terlambat menyerahkan laporan awal dana kampanye. Ketiga parpol tersebut adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Adapun, sengketa yang diajukan Partai Amanat Nasional (PAN), berakhir dengan kesepakatan damai dengan KPU saat proses penyelesaian sengketa di Bawaslu. Minggu (16/3/2014) lalu, KPU mendiskualifikasi sembilan parpol di tingkat kepengurusan 25 kabupaten-kota dan 35 caleg DPD di 15 dapil provinsi, karena tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye. Pencabutan keikutsertaan itu disebabkan mereka tidak mematuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif untuk menyerahkan laporan keuangan dana kampanye.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X