Dituding Plagiat, Anggito Abimanyu Membantah - Kompas.com

Dituding Plagiat, Anggito Abimanyu Membantah

Kompas.com - 17/02/2014, 10:03 WIB
KOMPAS.COM/JOSEPHUS PRIMUS Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimanyu.


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Tuduhan melakukan plagiat tulisan menimpa Anggito Abimanyu, dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), yang saat ini juga menjabat Sekretaris Jenderal Haji dan Umrah di Kementerian Agama.

Anggito dituduh menjiplak karya tulis atau opini orang lain dalam opininya yang tayang di Kompas, 10 Februari 2014. Seorang penulis di Kompasiana dengan akun "Penulis UGM" mengungkap kesamaan tulisan Anggito dengan tulisan opini serupa yang tayang lebih dulu dalam tulisan "Anggito Abimanyu Menjiplak Artikel Orang?".

Opini tulisan Anggito berjudul "Gagasan Asuransi Bencana" dinilai menjiplak karya Hatbonar Sinaga berjudul "Menggagas Asuransi Bencana" yang dimuat di Kompas, 21 Juli 2006. Sebagian besar kalimat dalam paragraf nyaris sama.

Saat dikonfrimasi melalui pesan singkat SMS, Minggu (16/2/2014) malam, Anggito membantah melakukan plagiat. Dia menyebut ada semacam kesalahan pengiriman file dalam tulisannya dan itu adalah fatal.

"Tidak ada plagiat, itu salah kirim file, tetapi fatal," kata Anggito.

Anggito tampaknya serius menyikapi persoalan itu. Oleh karena itu, hari ini Senin (17/2/2014), Anggito secara khusus datang ke UGM untuk memberikan penjelasan ke para sivitas akademika UGM untuk mengklarifikasi tuduhan plagiat itu.

"Saya konsultasi dan klarifikasi ke UGM," katanya.


EditorTri Wahono

Close Ads X