Kompas.com - 16/08/2013, 15:03 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Agama Suryadharma Ali mengimbau warga negara Indonesia (WNI) maupun para pelajar asal Indonesia di Mesir tak melibatkan diri dalam konflik yang tengah melanda negara tersebut demi keselamatan WNI sendiri di Mesir. Bahkan, Suryadharma meminta para warga Indonesia untuk segera pulang ke Tanah Air bila situasi di Mesir semakin tak terkendali.

Menurut Suryadharma, imbauan ini sudah dibicarakan sebelumnya dengan Menteri Luar Negeri Marti Natalegawa untuk menjamin keselamatan warga Indonesia.

"Itu kewenangan Menlu, tapi Kemenag mengimbau siswa-siswi yang menuntut ilmu di sana supaya tidak mencampuri urusan dalam negeri Mesir dan tidak berada di tempat-tempat yang membahayakan. Kalau perlu, pulang," kata Suryadharma di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Seperti diberitakan, angkatan bersenjata Mesir menggulingkan pemerintahan Presiden Muhammad Mursi beberapa waktu lalu. Militer Mesir beranggapan Mursi tengah mengejar agenda Islam dan gagal mengatasi masalah ekonomi di negara itu.

Tentara mengatakan bahwa Mursi, pemimpin terpilih secara demokratis, telah gagal memenuhi tuntutan rakyat. Mursi lalu dijadikan tahanan rumah. Sejumlah pejabat partai Ikhawanul Muslimin juga ditangkap oleh militer.

Gelombang masyarakat pro dan anti-Mursi masih terus melancarkan aksi unjuk rasa di negara itu. Sejak kudeta terhadap Mursi terjadi, demonstran pendukung Mursi tak henti-hentinya melancarkan protes. Pihak militer Mesir yang kini berkuasa juga melancarkan penembakan terhadap para demonstran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.