Inggrid Kansil: Yenny Wahid Layak Ikut Konvensi Capres Demokrat

Kompas.com - 10/07/2013, 10:52 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrat, Inggrid Kansil, menilai, banyak tokoh perempuan yang potensial maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2014. Ia juga berharap, para tokoh perempuan itu ikut dalam konvensi capres Partai Demokrat yang rencananya digelar pada Agustus mendatang.

"Saya kira sudah saatnya konvensi Demokrat dihiasi dengan capres perempuan. Banyak tokoh perempuan yang kompeten untuk maju jadi pemimpin," ujar politisi Inggrid Kansil di Kompleks Parlemen, Rabu (10/7/2013).

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Ketua Umum DPP Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) Zannuba Ariffah Wahid atau akrab dengan nama Yenny Wahid memberikan keterangan pers terkait penolakan dirinya bergabung dengan Partai Demokrat di Jakarta, Selasa (16/4/2013). Yenny batal bergabung setelah berkonsultasi dengan sembilan kyai Nahdlatul Ulama yang memintanya tetap berjuang melalui PKBIB.
Siapa tokoh perempuan yang dianggapnya layak mengikuti konvensi? Istri Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan ini menyebut nama Yenny Wahid. Menurutnya, putri kedua Presiden Ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, itu pantas bersaing dalam konvensi Partai Demokrat.

"Saya pikir Mbak Yenny sangat berpotensi untuk maju," kata Inggrid.

Beberapa waktu lalu, Yenny dikabarkan bergabung ke Partai Demokrat. Ia bahkan disebut sebagai salah satu kandidat wakil ketua umum baru partai pemenang Pemilu 2009 tersebut. Namun, karena mendapat banyak penolakan dari internal Partai Demokrat, Yenny akhirnya urung masuk ke partai itu.

Terkait konvensi, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan tujuh butir pokok terkait konvensi Partai Demokrat pada Minggu (7/7/2013) malam. Penjelasan SBY dilakukan lantaran dia menyadari banyak bias yang terjadi terkait konvensi yang akan dilakukan partainya. Di dalam penjelasannya, SBY menuturkan tujuh pokok terkait konvensi seperti penyusunan komite seleksi yang terdiri dari unsur internal dan independen. Komite seleksi ini juga yang akan menentukan kriteria dan juga mengumumkan peserta konvensi pada Agustus 2013 ini.

Sementara itu, peserta konvensi bisa berasal dari kader Partai Demokrat atau pun non-kader. Mereka yang lolos seleksi sebagai kandidat capres nantinya harus menjalani konvensi selama delapan bulan, yang dibagi ke dalam dua tahapan. Mereka akan disurvei oleh tiga lembaga dan hasilnya diumumkan ke publik. Setelah hasil pileg diketahui, Partai Demokrat baru akan mengumumkan kandidat capres yang diusungnya.

Selama ini, sejumlah nama yang disebut akan mengikuti konvensi capres Partai Demokrat antara lain Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.