Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Persen Pulau di Sulut Rawan Transit Jaringan Narkoba

Kompas.com - 10/04/2013, 12:29 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Dari 286 pulau yang ada di Sulawesi Utara hanya 40 persen yang berpenduduk. Sementara 60 persen lainnya merupakan pulau yang tidak berpenghuni.

"Mengingat secara geografis letak Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, posisi pulau-pulau tersebut rentan terhadap transit jaringan pelaku narkoba," ujar Gubernur Sulut SH Sarundajang ketika memberikan sambutan dalam Acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Narkoba di Manado, Rabu (10/4/2013).

Banyaknya pulau-pulau yang ada di Sulut dan letak geografisnya yang menyulitkan dalam berbagai koordinasi membuat pembangunan infrastruktur menjadi sulit. Beberapa pulau memerlukan waktu satu hari untuk dijangkau dari ibukota provinsi.

"Untuk itu minggu lalu saya di depan Komisi 2 DPR mendorong terbentuknya provinsi Nusa Utara," tambah Sarundajang.

Wilayah Nusa Utara meliputi tiga kabupaten di bagian utara Provinsi Sulut yaitu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Sitaro. Ketiga kabupaten ini memiliki ratusan pulau yang sulit dalam infrastruktur.

Dengan mendorongnya menjadi sebuah provinsi baru, penanganan pembangunan serta keamanan bisa lebih menjadi efisiense dan tertangani dengan maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com